skip to Main Content
Pemanfaatan Elemen Rotan Pada Konsep Interior Ruangan

Pemanfaatan Elemen Rotan pada Konsep Interior Ruangan

Selain memanfaatkan rotan sebagai material furnitur, ada trik lain yang dapat Teman Narasi lakukan untuk menciptakan konsep interior ruangan bernuansa etnik dan tradisional dengan memanfaatkan elemen rotan. Teman Narasi dapat menggunakan rotan sebagai bahan dasar interior, baik dikombinasikan dengan material lain seperti bambu, kayu, dan besi ataupun berdiri sendiri. Hal ini dapat diwujudkan dengan mengaplikasikan material rotan lewat dekorasi di langit-langit, dinding dengan aksen rotan, partisi atau penyekat ruangan, dan dekorasi lainnya seperti bingkai cermin, kap lampu, dan sebagainya.

Kini, tidak sedikit hotel, cafe, dan restoran ternama yang menggunakan rotan sebagai elemen interiornya. Hal ini dikarenakan interior dengan sentuhan elemen rotan dan kayu mampu menciptakan suatu prinsip desain yang dekat dengan alam, yaitu kesederhanaan dan ketenangan, serta membangun kesan interior nuansa tradisional.

Restoran di Bilangan Jakarta dengan Interior Rotan dan Kayu - sumber: www.rumahhokie.com
Restoran di Bilangan Jakarta dengan Interior Rotan dan Kayu – sumber: www.rumahhokie.com

Penggunaan material rotan dapat diaplikasikan pada ruangan dengan konsep interior rustic dan minimalis. Konsep rustic sendiri dideskripsikan sebagai gaya interior yang membawa suasana alam ke dalam ruangan karena menggunakan material alam yang belum terfabrikasi seperti batu, logam, kayu, bambu, rotan, dan sebagainya. Kebanyakan material tersebut sengaja dibiarkan memiliki tekstur permukaan kasar agar tetap memiliki kesan alami. Palet warna yang digunakan pada ruangan bertema rustic adalah warna yang membuat kesan hangat dan tenang seperti coklat, krem, dan putih.

Inspirasi Konsep Interior Rustik dengan Material Rotan dan Kayu - sumber: www.arsitag.com
Inspirasi Konsep Interior Rustik dengan Material Rotan dan Kayu – sumber: www.arsitag.com

Untuk mewujudkan konsep rustic dengan material rotan, Teman Narasi dapat mengubah plafon atau langit-langit ruangan menjadi lebih natural dengan bahan dasar kayu yang dilengkapi dengan elemen rotan. Langkah ini tentunya dapat menambah keunikan pada ruangan dan plafon, serta dapat mencuri perhatian siapapun yang berada di ruangan tersebut. Selain plafon, Teman Narasi juga dapat mengubah desain salah satu sisi dinding ruangan dengan menggunakan elemen perpaduan kayu dan rotan, yang dijamin akan membangun kesan alami dan tradisional. 

Inspirasi Desain Plafon dengan Material Rotan dan Kayu - sumber: www.arsitag.com
Inspirasi Desain Plafon dengan Material Rotan dan Kayu – sumber: www.arsitag.com

Sedangkan untuk konsep interior minimalis, material rotan dapat diserasikan dengan bahan linen atau katun pada gorden, lantai kayu, dan furnitur built-in berbahan kayu. Material rotan juga cocok dipadukan dengan palet warna putih, krem, kuning gading, dan abu-abu untuk menampilkan keaslian dan kesederhanaan ke interior yang lebih minimalis.

Inspirasi Konsep Interior Minimalis dengan Elemen Rotan - sumber: www.arsitag.com
Inspirasi Konsep Interior Minimalis dengan Elemen Rotan – sumber: www.arsitag.com

Untuk ruangan minimalis, langkah awal yang baik untuk menghadirkan elemen rotan adalah dengan menambahkan dekorasi interior berupa kap lampu gantung dan bingkai cermin berbahan rotan. Pola anyaman rotan pada kap lampu dan cermin tersebut tidak hanya akan menambah tekstur pada ruangan, tetapi juga dapat mengingatkan kita akan momen berlibur ke tempat yang tropis. Ide lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan membuat partisi atau penyekat ruangan menggunakan material bambu dan rotan sehingga tidak terkesan terlalu kaku seperti partisi kayu atau semen. 

Partisi dengan Material Rotan dan Kayu - sumber: www.arsitag.com
Partisi dengan Material Rotan dan Kayu – sumber: www.arsitag.com

Selain itu, ada beberapa hal penting yang perlu Teman Narasi perhatikan sebelum mewujudkan konsep interior rotan ke dalam ruangan.

  1. Pastikan bahwa Teman Narasi tidak melakukannya secara berlebihan. Jangan menggunakan material rotan dan kayu pada semua material utama interior, tetapi padukanlah dengan material atau furnitur minimalis lainnya seperti stainless steel atau besi.
  2. Menambahkan hanya beberapa aksesoris kecil seperti lampu rotan, keranjang cucian atau pot tanaman sudah cukup untuk menciptakan suasana yang bersahaja dan otentik dari material rotan.
  3. Untuk melengkapi interior rotan agar lebih terkesan natural dan dekat dengan alam, Teman Narasi dapat menggunakan tanaman indoor sebagai elemen dekorasi.
  4. Untuk mewujudkan kesan natural yang lebih kuat, material rotan yang digunakan sebagai bahan dasar interior ataupun furnitur dapat diserasikan dengan material batu seperti marmer.
Ruang Tamu dengan Interior Rotan - sumber: www.bluprin.com
Ruang Tamu dengan Interior Rotan – sumber: www.bluprin.com

Bagaimanapun cara Teman Narasi mengaplikasikan material rotan di rumah, kantor, hotel, restoran dan ruangan lainnya, memanfaatkan bahan alami yang satu ini merupakan pilihan yang sempurna untuk memberikan kesan natural dan elegan pada ruangan, serta menciptakan tampilan ruangan yang lebih santai dan cantik.

Salam kreasi Teman Narasi!

Penulis: Kezia Mariska
Editor: Renya Nuringtyas
Sumber:
www.shinyhomee.com
www.johnevandesigns.com
www.arsitag.com
www.rumahhokie.com
www.bluprin.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top