skip to Main Content
Rumah Universal Untuk Lansia Dan Penyandang Disabilitas

Rumah Universal untuk Lansia dan Penyandang Disabilitas

Desain rumah universal merupakan desain rumah dengan tata letak yang bisa diakses dan digunakan semaksimal mungkin oleh seluruh penghuni rumah, terutama lansia dan penyandang disabilitas. Konsep yang juga dikenal dengan istilah arsitektur inklusif ini memiliki prinsip fleksibilitas, keamanan, dan efisiensi. Tiga fitur penting yang umumnya terdapat pada rumah dengan desain universal adalah pintu masuk tanpa undakan tangga, ukuran pintu yang lebih lebar daripada biasanya, dan rumah satu lantai dengan konsep open floor plan atau denah lantai terbuka. 

Jika Teman Narasi sedang membangun atau merenovasi rumah dengan desain rumah universal, mulailah dengan ide-ide desain sederhana di bawah ini.

1. Akses masuk rumah tanpa undakan dan tidak licin 

Akses masuk rumah tanpa undakan dan tidak licin - source: hgtv.com
Akses masuk rumah tanpa undakan dan tidak licin – source: hgtv.com

Untuk jalur navigasi yang mudah dan aman, buatlah akses masuk ke rumah yang lebar, datar, dan tidak licin. Hindari juga pintu masuk dengan undakan karena dapat menjadi penghalang kursi roda dan dapat membuat seseorang mudah tersandung.

2. Ukuran pintu yang lebih lebar dan pegangan pintu yang mudah dioperasikan

Memasang pegangan pintu yang mudah dijangkau - source: pinterest.com
Memasang pegangan pintu yang mudah dijangkau – source: pinterest.com

Buatlah akses yang mudah untuk masuk ke dalam rumah dan ruangan lainnya dengan memasang pintu berukuran lebar. Pilihlah juga pegangan pintu yang mudah dioperasikan dan tidak mempersulit seseorang dengan kursi roda atau yang memiliki keterbatasan lainnya.

Inspirasi kamar tidur dengan akses kamar mandi tanpa pintu - source: hgtv.com
Inspirasi kamar tidur dengan akses kamar mandi tanpa pintu – source: hgtv.com

Jika menggunakan pintu masih menyulitkan, Teman Narasi dapat mendesain khusus kamar yang bebas pintu. Dengan lebih sedikit penghalang, akses ke kamar mandi pun juga akan lebih mudah dan mengurangi risiko jatuh. 

3. Menggunakan konsep denah lantai terbuka

Rumah dengan konsep open floor plan - source: hgtv.com
Rumah dengan konsep open floor plan – source: hgtv.com

Rumah satu lantai dengan konsep lantai terbuka merupakan kunci dalam mendesain rumah universal. Konsep lantai terbuka yang lapang dapat memudahkan akses mobilitas seseorang yang menggunakan kursi roda. Selain itu, untuk memberikan ruang gerak, pilihlah wastafel dan tempat cuci piring dengan desain tanpa dasar atau lemari tambahan. Posisi pemasangan wastafel dan tempat cuci piring juga disarankan lebih rendah daripada biasanya agar mudah diakses. Hindari juga menaruh banyak perabotan agar tetap tersedia banyak ruang untuk menempatkan kursi roda atau peralatan lainnya ketika sedang tidak digunakan. Namun, Jika rumah Teman Narasi bertingkat, tangga dapat dilengkapi dengan bangku elektrik yang dapat memudahkan seseorang naik ke lantai atas dengan mudah.

4. Perabotan dapur yang mudah diakses

Kulkas dengan pintu berdampingan untuk memudahkan akses pengguna kursi roda - source: hgtv.com
Kulkas dengan pintu berdampingan untuk memudahkan akses pengguna kursi roda – source: hgtv.com

Hindari penggunaan kulkas dengan desain tumpuk karena dapat menyulitkan seseorang yang berada di kursi roda atau seseorang dengan keterbatasan lainnya. Sebagai gantinya, pilihlah kulkas dengan pintu berdampingan yang menawarkan akses yang sama ke pendingin biasa dan freezer. Selain kulkas, memasang microwave dengan jarak yang rendah dari permukaan lantai juga dapat memudahkan akses bagi pengguna yang berkebutuhan khusus. 

Memasang microwave dengan jarak yang rendah dari permukaan lantai - source: hgtv.com
Memasang microwave dengan jarak yang rendah dari permukaan lantai – source: hgtv.com

5. Jalan yang landai

Inspirasi desain rumah universal dengan lantai yang landai - source: hgtv.com
Inspirasi desain rumah universal dengan lantai yang landai – source: hgtv.com

Untuk menciptakan akses mobilitas yang mudah, lantai rumah yang berundak dapat diubah menjadi landai seperti tampak pada desain rumah yang satu ini. Pegangan kayu yang dipasang di dinding juga dapat menambah fitur keamanan bagi pengguna kursi roda dan berkebutuhan khusus. 

6. Menggunakan gorden atau tirai otomatis

Inspirasi desain lemari yang mudah dijangkau - source: hgtv.com
Inspirasi desain lemari yang mudah dijangkau – source: hgtv.com

Gorden otomatis serta fitur smart lighting atau pencahayaan pintar yang praktis juga disarankan untuk dipasang di dalam rumah dengan desain universal.

7. Perabotan yang mudah dijangkau

Inspirasi desain lemari yang mudah dijangkau - source: hgtv.com
Inspirasi desain lemari yang mudah dijangkau – source: hgtv.com

Agar sesuai desain prinsip desain rumah universal, setidaknya 50 persen dari keseluruhan perabot di rumah seperti lemari, rak, meja, dan lainnya dipasang lebih rendah sehingga mudah dijangkau. 

8. Desain teras dan taman belakang

Akses jalan ke area outdoor yang dibuat rata tanpa undakan - source: hgtv.com
Akses jalan ke area outdoor yang dibuat rata tanpa undakan – source: hgtv.com

Area outdoor sering menimbulkan masalah bagi pengguna kursi roda, tongkat, atau alat bantu jalan lainnya. Maka dari itu, selain akses masuk ke rumah yang dibuat tanpa undakan, akses jalan untuk ke teras dan taman belakang rumah juga harus dibuat rata. Rumput dan kerikil yang umumnya digunakan untuk menutupi tanah dapat dihilangkan dan dibuat rata untuk memudahkan mobilitas pengguna kursi roda dan alat bantu jalan lainnya sehingga dapat menikmati suasana outdoor dengan maksimal.

Inspirasi desain taman belakang untuk desain rumah universal - source: hgtv.com
Inspirasi desain taman belakang untuk desain rumah universal – source: hgtv.com

Nah, itu dia tips sederhana yang dapat Teman Narasi aplikasikan untuk desain rumah universal yang aman bagi lansia dan penyandang disabilitas. Untuk pertanyaan soal desain rumah universal, Teman Narasi dapat bertanya dengan meninggalkan pesan di kolom komentar di bawah ya! Selamat berkreasi dan happy living!

Stay safe and healthy! 

Penulis: Kezia Mariska
Editor: Renya Nuringtyas
Sumber: hgtv.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top