skip to Main Content
Seperti Ini Rumah Pemeran Utama Breaking Bad, Bryan Cranston

Seperti Ini Rumah Pemeran Utama Breaking Bad, Bryan Cranston

Beach House ramah lingkungan milik aktor Bryan Cranston - source: home-designing.com
Beach House ramah lingkungan milik aktor Bryan Cranston – source: home-designing.com

Aktor Bryan Cranston yang dikenal dengan perannya sebagai Walter White di serial drama ‘Breaking Bad’ ini ternyata juga vokal menyuarakan gaya hidup ramah lingkungan. Cranston bersama desainer interior John Turturro dari Turturro Design Studio, tim arsitek, insinyur, dan tim konstruksi,  merancang dan membangun rumah pantai ramah lingkungan yang berlokasi di Ventura, California dengan sertifikasi Leadership in Energy and Environmental Design (LEED). Sertifikasi LEED menunjukkan bahwa sebuah bangunan atau rumah dirancang dan dibangun dengan menggunakan strategi, yang bertujuan untuk mencapai kinerja tinggi di bidang kesehatan manusia dan tentunya lingkungan, yang meliputi sistem penghematan air, efisiensi energi, pemilihan bahan, dan lain sebagainya.

Selesai dibangun pada 2012, arsitektur kontemporer unik beach house milik Cranston ini berdiri di area seluas 2276 m2 dengan tiga kamar tidur, tiga setengah kamar mandi, dan sebuah loteng multifungsi. Selain menggunakan material daur ulang untuk beberapa bagian eksterior dan interior rumah, rangkaian fasilitas ekologi mutakhir juga dapat ditemukan di dalam maupun di luar rumah, yang terdiri dari panel surya fotovoltaik, tangki untuk pengumpulan air hujan, lantai pemanas, pencahayaan LED, penggunaan cat ramah lingkungan, dan lain sebagainya. Dengan semua fitur ramah lingkungannya, hunian ini memenuhi syarat sebagai net-zero home, yang berarti hunian yang menghasilkan energi sebanyak yang digunakan.

Konsep modern minimalis diterapkan sebagai gaya interior hunian - source: home-designing.com
Konsep modern minimalis diterapkan sebagai gaya interior hunian – source: home-designing.com
Penggunaan panel surya fotovoltaik - source: home-designing.com
Penggunaan panel surya fotovoltaik – source: home-designing.com

Bagian eksterior rumah pantai ini juga menggunakan panel titanium, karena hunian yang berada di dekat pantai akan dengan mudah terkena angin laut yang menyebabkan kerusakan pada material kayu, seng, baja, tembaga, dan material lainnya. Panel titanium kemudian dijadikan material eksterior karena setelah diuji selama enam bulan, material tersebut tidak menunjukkan kerusakan.

Panel metal sebagai material eksterior bangunan - source: home-designing.com
Panel metal sebagai material eksterior bangunan – source: home-designing.com

Untuk dekorasi dalam ruangan, Cranston memiliki elemen-elemen yang netral dan bergaya modern minimalis sehingga memberikan kesan kontras yang menenangkan dari suara deburan ombak. Pada lantai utama rumah terdapat ruang media, kantor, ruang tamu, dan ruang makan. Lantai atas mencakup tiga kamar, dan dua diantaranya menampilkan pemandangan laut yang sangat indah. Properti miliki Cranston menjadi bukti bahwa elemen-elemen ramah lingkungan dapat diintegrasikan pada desain hunian yang menarik sehingga menghasilkan perpaduan yang sempurna.

Floor plan beach house milik Bryan Cranston - source: home-designing.com
Floor plan beach house milik Bryan Cranston – source: home-designing.com
Kamar tidur dengan pemandangan laut - source: home-designing.com
Kamar tidur dengan pemandangan laut – source: home-designing.com
Sofa bed sebagai perabot multifungsi yang dapat menghemat tempat - source: home-designing.com
Sofa bed sebagai perabot multifungsi yang dapat menghemat tempat – source: home-designing.com
Tangga bergaya minimalis dengan dekorasi pencahayaan dari bahan daur ulang - source: home-designing.com
Tangga bergaya minimalis dengan dekorasi pencahayaan dari bahan daur ulang – source: home-designing.com

Tidak hanya memiliki eksterior bangunan yang unik, Cranston juga memanfaatkan area indoor sebagai area dekorasi dengan warna-warna cerah dan perabotan yang bergaya modern. Aksen oranye pada kursi dan elemen dekorasi lainnya memberikan semangat ke dalam ruangan dengan mayoritas warna netral.  

Ruang tamu dengan pemandangan pantai - source: home-designing.com
Ruang tamu dengan pemandangan pantai – source: home-designing.com
Aksen oranye pada ruang makan dengan mayoritas warna netral - source: home-designing.com
Aksen oranye pada ruang makan dengan mayoritas warna netral – source: home-designing.com

My goal with this home is to show that living responsibly and living comfortably are not mutually exclusive. My wife, Robin and I want to combine both form and function, and show the world that sustainable living doesn’t mean that there’s no indoor plumbing or that it will impinge on a modern lifestyle.

Bryan Cranston

Gaya hidup ramah lingkungan dan berkelanjutan sering kali dianggap sebagai gaya hidup yang mengorbankan kenyamanan, efisiensi, dan kepraktisan. Namun, aktor yang juga dikenal sebagai seorang sutradara, produser, dan penulis skenario ini berhasil membuktikan kepada dunia bahwa gaya dan kenyamanan gaya hidup modern yang serba praktis harus dan sangat mungkin dikorbankan untuk hidup yang lebih sustainable atau ramah lingkungan. 

Untuk artikel lainnya seputar gaya hidup ramah lingkungan, Teman Narasi dapat membacanya di sini. Selamat berkreasi dan happy living!

Jangan lupa untuk #dirumahaja dan tetap jaga kesehatan ya!

Penulis: Kezia Mariska
Editor: Renya Nuringtyas
Sumber:
athomeinhollywood.com,
cagbc.org,
dirt.com,
home-designing.com,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top