skip to Main Content
Serba-Serbi Furnitur Berbahan Kulit Dan Cara Merawatnya

Serba-Serbi Furnitur Berbahan Kulit dan Cara Merawatnya

Sofa berbahan kulit merupakan furnitur dengan material kulit yang paling banyak dipilih dan digunakan oleh banyak kalangan, karena memiliki pilihan model dan warna yang sangat beragam. Padahal, ada beberapa pilihan furnitur dengan material kulit lainnya yang tak kalah ciamik dan bisa dijadikan pilihan. 

Penggunaan material kulit pada furnitur bisa memberikan kesan elegan pada sebuah ruangan. Furnitur berbahan kulit sendiri ada yang seluruhnya terbuat dari material kulit dan ada juga yang hanya menggunakan material kulit di bagian-bagian tertentu saja. Sebagian besar furnitur kulit yang banyak dijual di pasaran adalah sofa, mulai dari sofa 2-seater maupun sofa 3-seater. Selain sofa, berikut beberapa furnitur berbahan kulit lainnya yang bisa dijadikan pilihan dan digunakan untuk mempercantik ruangan. 

Beberapa Furnitur Berbahan Kulit Selain Sofa

Tufted Brown Leather Armchair - sumber:www.unsplash.com
Tufted Brown Leather Armchair – sumber:www.unsplash.com

Armchair

Armchair adalah kursi single-seater yang biasa digunakan sebagai pendamping sofa di ruang tamu. Material kulit atau leather biasa digunakan pada armchair berdesain klasik. Selain dipasangkan dengan sofa, armchair juga bisa berdiri sendiri, misalnya saja dengan diletakkan di kamar tidur. Selain itu, armchair juga bisa digunakan sebagai pengganti sofa untuk ruang tamu atau ruang keluarga dengan space yang kecil. Hal ini bisa diterapkan dengan memilih dua armchair berbahan kulit dengan meletakkan coffee table kecil berbahan kayu, yang berdesain klasik atau modern minimalis, di antara kedua armchair tersebut. 

Ottoman

Keberadaan ottoman kerap dianggap hanya sebagai pemanis ruangan, padahal sebenarnya ottoman merupakan furnitur multifungsi karena bisa digunakan sebagai tempat duduk, meja, atau tempat penyimpanan, tergantung dari desain dari ottoman tersebut. Terlebih lagi, ottoman berbahan kulit juga akan memberikan sentuhan menawan dan kesan elegan pada ruangan. 

Coffee Table

Apakah mungkin coffee table menggunakan bahan kulit? Jawabannya adalah sangat mungkin dan sudah banyak coffee table berbahan kulit yang bisa kita temukan di pasaran. Coffee table yang berbahan kulit biasanya dibuat dengan menggunakan busa sebagai isi, agar dapat memiliki bentuk yang cantik dan berkesan klasik yang merepresentasikan sisi elegan dari material kulit itu sendiri, yang kemudian dapat dipadukan dengan material kayu atau besi. 

Penempatan Furnitur Berbahan Kulit

Contoh Penempatan Armchair Kulit - sumber:www.unsplash.com
Contoh Penempatan Armchair Kulit – sumber:www.unsplash.com

Furnitur berbahan kulit seperti halnya sofa kulit lebih cocok diletakkan di tempat yang banyak dilihat oleh orang, karena memiliki kesan elegan yang sayang untuk disimpan dan dinikmati sendiri. Maka dari itu, ruang tamu dan ruang keluarga adalah dua ruangan tepat untuk menempatkan furnitur berbahan kulit. Kelebihan dari furnitur berbahan kulit adalah tidak akan terlihat berlebihan apabila dipadukan dengan furnitur lainnya yang juga bermaterial kulit. Contohnya, meletakkan sofa kulit dengan ottoman material kulit di sisi kanan sofa dan coffee table kulit. Jangan lupa untuk memastikan semua furnitur tersebut memiliki warna yang sama atau senada. 

Dalam menggunakan furnitur berbahan kulit, perlu diperhatikan bahwa sebaiknya Teman Narasi tidak meletakkannya di ruangan outdoor karena paparan sinar matahari dan tampias air hujan akan membuat material kulit lebih cepat rusak. 

Perawatan Leather Pada Furnitur

Perawatan Leather Pada Furnitur - sumber:www.unsplash.com
Perawatan Leather Pada Furnitur – sumber:www.unsplash.com

Perawatan leather bisa dibilang cukup mudah. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, meletakkan furnitur leather di dalam ruangan adalah salah satu cara agar furnitur berbahan kulit lebih awet dan tahan lama. Kemudian, bersihkan permukaan leather atau kulit dengan kemoceng atau kain kering yang lembut secara rutin. Apabila furnitur leather terkena noda, bersihkan perlahan dengan kain yang agak basah atau dengan menggunakan cairan khusus pembersih noda pada material kulit. 

Apabila Teman Narasi ingin menyulap ruangan agar memiliki kesan elegan dengan sentuhan sederhana, Teman Narasi bisa meletakkan satu atau dua jenis furnitur bermaterial kulit di dalam ruangan. Jangan lupa juga untuk melakukan perawatan yang tepat dan rutin karena dengan perawatan yang benar, furnitur berbahan kulit bisa memiliki usia yang sangat panjang.

Penulis: Agatha Elma Febiyaska
Editor: Renya Nuringtyas
Sumber: www.unsplash.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top