skip to Main Content
Sosok Penting Di Balik Arsitektur Dengan Gaya Georgian

Sosok Penting di Balik Arsitektur dengan Gaya Georgian

Desain interior Georgian, furniture Georgian, dan arsitektur Georgian tidak lahir dan berkembang dengan tiba-tiba. Ada beberapa sosok yang menciptakannya, dimana beberapa diantaranya dikenal, dan beberapa lainnya tidak terlalu dikenal, namun tetap memiliki andil penting dalam perkembangan desain Georgian. 

Sebuah karya, termasuk desain atau gaya tentunya dilahirkan dan diciptakan oleh seseorang, termasuk gaya Georgian. Ada beberapa sosok yang perlu Teman Narasi ketahui lebih jauh untuk memperluas wawasan Teman Narasi mengenai gaya Georgian. Nama Georgian sendiri berawal dan lahir pada masa Georgian atau pada masa pemerintahan King George I hingga King George IV. Di Amerika sendiri, penyebutan gaya Georgian mengarah pada semua jenis gaya bangunan, desain interior, ataupun furnitur yang ada dan berkembang pada tahun 1714 – 1830, masa di mana King George memerintah. 

Berikut beberapa sosok yang berkaitan erat dengan sejumlah gaya Georgian pada bidang yang berbeda-beda. 

Gaya Georgian dalam Arsitektur

Gaya Georgian dalam arsitektur merupakan desain yang sangat simpel - source: pinterest.com
Gaya Georgian dalam arsitektur merupakan desain yang sangat simpel – source: pinterest.com

Desain arsitektur Georgian merupakan desain yang sangat simpel, karena proses pembangunannya hanya memerlukan perhitungan matematika sederhana untuk menciptakan bentuk bangunan yang simetris dan proporsional, seperti halnya dua buah kubus yang diletakkan bersebelahan. Selain itu, gaya Georgian juga sangat dipengaruhi oleh klasikisme, di mana gaya Barok banyak terlibat di dalamnya.  Dua tokoh arsitek yang sukses dan terkenal pada masa Georgian dengan gaya Barok Inggris adalah Sir Christopher Wren dan Thomas Archer.

Lalu, ada juga James Gibbs, seorang arsitek yang sangat terkenal karena peralihan gayanya dari Barok Inggris ke Georgian, yang terlihat dari salah satu karya rancangannya. Selain dirinya, beberapa arsitek lain yang terkenal di masa awal Georgian adalah James Paine dan John Wood. 

Desain Interior Georgian

Desain interior Georgian dipengaruhi oleh Andreas Palladio - source: dk-decor.com
Desain interior Georgian dipengaruhi oleh Andreas Palladio – source: dk-decor.com

Pengaruh hebat Paladianisme di bidang desain interior pada era Georgian berasal dari karya serta tulisan Andreas Palladio. Kemudian, gaya Georgian pada desain interior dibawa ke Inggris oleh Indigo Jones, seorang arsitek Inggris yang lahir pada sekitar abad 17. Paladianisme memegang peranan besar dalam era Georgian karena kecantikan dan kemegahannya, serta karena adanya desain pilar dan fasad Roma. Tidak hanya itu, perapian juga merupakan ciri khas yang tidak dapat dipisahkan dari gaya Georgian.

Furnitur Georgian

Furnitur Georgian dipengaruhi oleh gaya neo-klasikisme, rococo, dan oriental - source: bratpack.co
Furnitur Georgian dipengaruhi oleh gaya neo-klasikisme, rococo, dan oriental – source: bratpack.co

Masa akhir era Georgian merupakan masa kejayaan desain furnitur Georgian. Beberapa desainer furnitur Georgian yang terkenal adalah Thomas Chippendale, Robert Adam, Sheraton, dan George Happlewhite. Furniture Georgian dipengaruhi oleh gaya neo-klasikisme, rococo, dan oriental. Material furnitur Georgian yang sering dipakai adalah kayu oak, mahoni, dan walnut untuk pembuatan meja, sofa, dan juga lemari. Lalu, untuk pembuatan lampu hias, material yang digunakan adalah kaca, logam, serta kayu dengan lekukan indah pada desainnya. Kemudian, pembatas ruangan, penutup jendela, dan dekorasi keramik dengan motif oriental juga banyak digunakan sebagai ciri khas gaya Georgian. 

Mengetahui dan mengenal lebih jauh beberapa sosok penting dalam gaya Georgian pada bidang arsitektur, desain interior dan furniture tentunya membuat Teman Narasi lebih mengerti tentang sejarah gaya Georgian, kan? 

Penulis: Agatha Elma Febiyaska
Editor: Renya Nuringtyas
Sumber:
www.wikipedia.com,
www.loveantiques.com,
www.victorian-era.org

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top