skip to Main Content
Temukan 7 Alasan Memilih Desain Mediterranean Di Sini!

Temukan 7 Alasan Memilih Desain Mediterranean Di Sini!

Terlihat tidak biasa, desain Mediterranean mungkin membuat Teman Narasi ragu untuk menerapkannya di hunian. Padahal apabila ide interior desain yang satu ini diterapkan di rumah Teman Narasi, desain ini dapat memberikan perubahan yang positif dalam hidup, lho! 

Inspirasi desain yang ada tercipta dengan tujuan untuk menjadikan hunian sebagai tempat yang nyaman bagi semua penghuninya. Selain itu, banyak faktor lain yang menjadi alasan mengapa sebuah ide desain interior diciptakan. Seperti desain Mediterranean, yang merupakan desain yang layak untuk dipilih dan diaplikasikan di rumah Teman Narasi. Untuk mengetahui kenapa, simak tujuh alasannya berikut ini. 

1. Jarang ditemukan di Indonesia

Desain mediteranian masih jarang diaplikasikan di Indonesia - source: houseplans.com
Desain mediteranian masih jarang diaplikasikan di Indonesia – source: houseplans.com

Memang, inspirasi desain Mediterranean berasal dari negara-negara di sisi selatan Eropa, sehingga akan lebih banyak desain rumah atau kafe Mediterranean yang ditemukan di negara Barat. Karenanya, merupakan hal yang sangat baik apabila Teman Narasimemiliki rumah dengan desain interior Mediterranean di Indonesia. Kalaupun tidak diaplikasikan di seluruh rumah, setidaknya Teman Narasi bisa menerapkannya di salah satu kamar tidur atau dijadikan sebagai desain interior ruang tamu. Sentuhan desain Mediterranean akan membuat hunian atau ruangan terlihat berbeda dan mengesankan. 

2. Nyaman untuk jiwa dan raga

Desain mediteranian memberikan rasa nyaman untuk hunian - source: thespruce.com
Desain mediteranian memberikan rasa nyaman untuk hunian – source: thespruce.com

Alasan utama desain Mediterranean mampu memberikan kenyamanan untuk jiwa dan raga adalah karena penggunaan material alam dan warna yang kalem pada konsep desainnya. Ketenangan batin sangat dibutuhkan usai menjalani hari yang menantang di luar rumah. Memiliki ruangan atau rumah berdesain Mediterranean akan menjadi cara relaksasi tersendiri. Penggunaan lantai kayu, misalnya, membuat kaki akan terasa nyaman selama berada di rumah. Selain itu, dinding dengan bebatuan juga bisa memberikan tampilan yang nyaman untuk mata, serta memberikan kenyamanan untuk tubuh karena efek sejuk yang ditawarkan . 

3. Bisa bermain warna dengan manis

Desain mediteranian dapat dikombinasikan dengan warna manis - source: marylonarts.com
Desain mediteranian dapat dikombinasikan dengan warna manis – source: marylonarts.com

Apabila Teman Narasi suka bermain dengan warna tapi ingin berada di zona aman, desain Mediterranean bisa menjadi opsi kuat inspirasi desain rumah maupun ruangan pada hunian. Konsep earthy dan rustic yang diusung desain ini akan menuntun Teman Narasi untuk menggunakan warna-warna yang kalem dan kental akan unsur alam. Jadi, Teman Narasi bisa memilih warna hijau, coklat, krem, putih, biru, atau kuning, namun bukan warna-warna yang menyala, melainkan warna yang muted. Walaupun begitu, pemakaian warna cerah tetap bisa digunakan sebagai aksen atau focal point ruangan dengan menempatkannya pada dekorasi atau salah satu furnitur.

4. Menghemat biaya listrik

Desain mediteranian dengan jendela besar dapat menekan penggunaan lampu - source: janetbrooksdesign.com
Desain mediteranian dengan jendela besar dapat menekan penggunaan lampu – source: janetbrooksdesign.com

Salah satu ciri khas dari desain Mediterranean adalah keberadaan jendela-jendela besar dan pintu kaca. Dengan adanya jendela besar dan pintu kaca yang banyak, maka memberikan kesempatan bagi sinar matahari untuk masuk langsung ke dalam rumah. Otomatis, Teman Narasi tidak perlu menyalakan banyak lampu atau sama sekali tidak menggunakan lampu di siang hingga sore hari. Hal ini sudah pasti akan menghemat biaya listrik bulanan. Di samping itu, sinar matahari yang masuk melalui jendela dan terpantul di lantai juga akan menambah kesan estetis ruangan di rumah. 

5. Mengandung banyak unsur

Desain mediteranian dapat dikombinasikan dengan beragam unsur mulai dari kayu, batu, logam, hingga kain - source: williesbrewnquethehill.com
Desain mediteranian dapat dikombinasikan dengan beragam unsur mulai dari kayu, batu, logam, hingga kain – source: williesbrewnquethehill.com

Karakternya yang menjunjung tinggi nilai alam menjadikan desain Mediterranean menggandeng banyak unsur. Pada desain ini Teman Narasi akan menemukan material kayu, batu, serat kain, dan logam dalam rumah berdesain Mediterranean. Kerennya lagi, material tersebut mampu didesain dan dibentuk secara sederhana ataupun rumit, namun tetap terlihat kalem dalam inspirasi desain Mediterranean.

6. Kecantikannya abadi

Desain mediteranian memiliki desain yang tak lekang waktu - source: home-designing.com
Desain mediteranian memiliki desain yang tak lekang waktu – source: home-designing.com

Desain interior yang timeless semakin banyak dicari, terlebih bagi mereka yang tidak ingin repot mengubah-ubah desain interior seiring berjalannya waktu. Inspirasi desain Mediterranean hadir menawarkan rekomendasi inspirasi desain yang long lasting karena menggunakan warna-warna yang netral, serta material yang memang berumur panjang seperti kayu berkualitas tinggi dan bebatuan alam yang awet, seperti batu marmer. Kombinasi warna dan material yang digunakan membuat desain Mediterranean tidak membosankan sekalipun sudah digunakan selama bertahun-tahun. Untuk memberikan sentuhan yang baru, Teman Narasi juga bisa menambah atau mengganti dekorasi secara berkala. 

7. Punya banyak sudut Instagramable

Desain mediteranian juga memungkinkan setiap sudut hunian anda menjadi instagramable - source: bestdesignideas.com
Desain mediteranian juga memungkinkan setiap sudut hunian anda menjadi instagramable – source: bestdesignideas.com

Di zaman yang serba digital dengan sosial media yang berkembang pesat ini, memiliki rumah dengan sudut-sudut yang cantik untuk dijadikan spot foto, baik itu foto diri sendiri ataupun benda, merupakan suatu kelebihan yang menarik dan menguntungkan. Dengan memakai konsep desain Mediterranean yang memiliki kombinasi warna muted, desain interiornya bisa dipercantik dengan dekorasi seperti tanaman, koleksi piring antik di dinding, atau anyaman wol macrame, dan jadilah sudut yang cantik untuk berfoto, yang tentunya juga menambah nilai estetika ruang. Selain itu, dinding dari batu bata dan lantai kayu juga tentunya Instagramable.

Jadi semakin penasaran dan ingin menyulap rumah dengan desain Mediterranean, kan? Untuk lebih yakin, cri inspirasi desain Mediterranean sebanyak mungkin, lalu mulailah berkreasi. Teman Narasi juga bisa menghubungi tim Narasi Design, yang pasti akan membantu memberikan bantuan untuk aplikasi desain ini.

Penulis : Agatha Elma Febiyaska
Editor : Renya Nuringtyas
Sumber:
architecturaldigest.com,
home-designing.com,
pufikhomes.com,
smalldesignideas.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top