skip to Main Content
Tips & Inspirasi Penting Dalam Merenovasi Kamar Tidur

Tips & Inspirasi Penting dalam Merenovasi Kamar Tidur

Bosan dengan penampilan kamar tidur Anda saat ini? Ingin mengubah tampilan kamar tidur Anda tetapi bingung mencari inspirasi model dan desain kamar tidur yang berbeda dari sebelumnya namun tetap nyaman?

Tenang saja! Karena kali ini, Tim Narasi akan membantu Teman Narasi dengan memberikan beberapa inspirasi dan tips penting dalam melakukan renovasi kamar tidur yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Teman Narasi!

Kamar tidur adalah ruangan yang paling personal dari seluruh ruangan yang ada di dalam rumah, karena kamar tidur merupakan ruangan yang digunakan untuk beristirahat setelah beraktivitas seharian, atau hanya sekadar untuk bersantai sejenak di sela-sela aktivitas kita sehari-hari. Berdasarkan fungsinya, semua orang tentunya selalu berupaya untuk menjadikan kamar tidur sebagai ruangan yang nyaman untuk beristirahat.

Tetapi, ada kalanya kita merasa bosan dengan suasana kamar tidur yang itu-itu saja, sehingga muncul keinginan untuk melakukan renovasi dan membangun suasana baru, namun hal itu terkadang sulit dilakukan karena terkendala oleh satu dan lain hal.

Berikut ini beberapa tips untuk Teman Narasi yang ingin melakukan renovasi kamar tidur namun merasa bingung karena terkendala beberapa hal. Yuk langsung simak tipsnya! 

 Dekorasi Kamar Tidur Minimalis – source: www.unsplash.com
Dekorasi Kamar Tidur Minimalis – source: www.unsplash.com

1. Menyiasati Budget yang Terbatas

Budget yang terbatas seringkali menjadi kendala untuk merenovasi kamar tidur karena berpikir biaya yang dikeluarkan pasti akan mahal. Tetapi, sebenarnya hal itu belum tentu terjadi. Melakukan renovasi pada kamar tidur dapat dilakukan walaupun dengan budget yang terbatas. Berikut beberapa hal yang mungkin bisa dilakukan:

  • Menghias dinding kamar tidur menggunakan wallpaper atau wall sticker.
  • Menghias headboard dari tempat tidur agar terlihat lebih menarik.
  • Mengecat ulang furnitur yang ada di dalam kamar tidur. Jika furnitur yang dimiliki masih bagus, cara ini dapat menghemat pengeluaran.
  • Memindahkan tata letak furnitur yang dimiliki dapat mengubah suasana kamar dan memberikan kesan yang berbeda dari sebelumnya.
  • Mengatur pencahayaan baik dari sinar matahari jika terdapat jendela maupun menggunakan cahaya lampu.

2.  Menyiasati Ruang yang Terbatas

Desain Kamar Tidur Minimalis – source: www.home-designing.com
Desain Kamar Tidur Minimalis – source: www.home-designing.com

Kamar tidur adalah tempat yang seharusnya membuat kita merasa nyaman saat beristirahat di dalamnya. Tetapi, karena banyaknya barang yang tidak tertata dengan rapi, terkadang kita justru merasa tidak nyaman karena suasana terkesan ‘sumpek.’

Beberapa tips dalam merenovasi kamar tidur yang dapat dicoba diantaranya adalah dengan menggunakan konsep minimalis. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan beberapa hal berikut:

  • Menggunakan rak dinding atau biasa disebut floating shelves untuk memberdayakan ruang kosong di dinding yang bagian bawahnya diisi oleh furnitur lain.
  • Memanfaatkan bagian bawah tempat tidur yang kosong dan menjadikannya sebagai tempat penyimpanan.
  • Menggunakan furnitur dengan warna-warna cerah dapat membuat ruangan terlihat lebih luas.
  • Menyimpan barang-barang yang tidak digunakan di ruangan lain agar kamar tidur tidak terlihat penuh dan sesak oleh barang yang tidak dibutuhkan.

3.  Memilih Desain untuk Kamar Tidur Anak

 Desain Kamar Tidur Anak – source: www.full-repair.com
Desain Kamar Tidur Anak – source: www.full-repair.com

Orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya, begitu juga dalam hal penataan kamar tidur anak. Tentunya, orang tua ingin anak merasa nyaman dan senang melakukan kegiatan seperti belajar maupun bermain di dalam kamar tidur mereka.

Berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan dalam melakukan renovasi kamar tidur anak:

  • Membuat kamar dengan konsep edukatif agar anak dapat merasa nyaman dan bersemangat untuk belajar. Hal ini bisa dilakukan dengan menyediakan kursi dan meja untuk belajar, lampu meja, dan lemari buku. Selain itu, orang tua juga dapat menempelkan hiasan atau gambar edukatif yang dapat merangsang kemampuan anak untuk berpikir. Jika masih bingung atau kesulitan dengan konsep ini, Teman Narasi dapat menyewa jasa interior design untuk membantu membuat konsepnya.
  • Kamar tidur merupakan cerminan dari sifat dan karakter anak. Menggunakan dekorasi sesuai dengan apa yang diminati oleh si kecil, baik itu minat dalam bermain musik, menggambar, maupun minat lainnya. Hal ini bisa mambangun karakter dan mengembangkan bakat yang dimiliki oleh anak.

4. Memilih Konsep Kamar Tidur

Terdapat berbagai macam konsep yang dapat diterapkan apabila Teman Narasi ingin melakukan renovasi kamar tidur, untuk mengubah suasana. Berikut beberapa konsep yang bisa dijadikan pertimbangan:

– Vintage

 Dekorasi Kamar Tidur dengan Konsep Vintage – source: www.digsdigs.com
Dekorasi Kamar Tidur dengan Konsep Vintage – source: www.digsdigs.com

Konsep kamar tidur dengan konsep vintage memiliki ciri khas dan kesan ‘kuno’ dan umumnya didominasi oleh warna-warna pastel. 

– Klasik

Konsep kamar tidur bergaya klasik menitikberatkan pada perpaduan warna netral atau monokrom yang digunakan untuk furniture, dinding dan lantai. 

– Feminin

Penggunaan kamar tidur dengan konsep feminin umumnya digunakan dalam merancang kamar tidur perempuan. Perpaduan warna putih dengan campuran warna pastel yang lembut bisa menjadi pilihan yang baik untuk Teman Narasi yang menyukai konsep ini. 

– Skandinavian

Konsep kamar tidur dengan desain skandinavian umumnya didominasi oleh warna netral dengan kesan simpel dan minimalis, dengan model pencahayaan alami.

Nah, Tim Narasi sudah menjelaskan beberapa tips dalam melakukan renovasi kamar tidur dan juga dalam menyiasati kendala yang ada. Tim Narasi juga sudah berbagi inspirasi mengenai beberapa konsep kamar tidur yang patut untuk dipertimbangkan.

Lalu, apa Teman Narasi masih memiliki kendala lainnya atau masih bingung menentukan mendekorasi kamar tidur dan memilih konsep yang sesuai dengan keinginan? Silakan hubungi Tim Narasi Design untuk bertanya lebih lanjut! 

Penulis: AQ
Editor: Renya Nuringtyas
Source: dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top