skip to Main Content
Tips Membeli Furnitur Dengan Harga Minimalis

Tips Membeli Furnitur dengan Harga Minimalis

Ingin menggunakan furnitur minimalis tetapi tidak tahu furnitur seperti apa yang cocok atau dimana menempatkannya? 

Tenang saja, tim Narasi Design akan membantu Teman Narasi dalam memilih furnitur minimalis yang sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda.

Desain Furnitur untuk Ruang Keluarga - source: www.home-designing.com
Desain Furnitur untuk Ruang Keluarga – source: www.home-designing.com

Sebelum itu, mari kita kenal secara singkat konsep penggunaan furnitur minimalis. Secara kegunaan, furnitur minimalis adalah furnitur yang lebih mengutamakan fungsi dibandingkan tampilannya. Hal ini bisa kita lihat dari desain pada furnitur minimalis yang memiliki kesan simplel dan sederhana.

Furnitur dengan konsep minimalis cocok digunakan untuk rumah yang memiliki konsep hunian mungil seperti apartemen mikro. Keterbatasan ruang yang ada seringkali membuat penghuni rumah kesulitan dalam memilih furnitur yang tepat.

Nah, furnitur minimalis tidak memerlukan penempatan ruang yang luas. Selain itu, dengan strategi penempatan yang tepat dalam menyusun furnitur yang ada, maka ruangan akan terlihat modern, elegan dan inovatif. 

Tips Menempatkan Furnitur Minimalis sesuai Ruangan

1. Ruang Tamu

Ruang tamu merupakan ruangan yang cukup penting diperhatikan karena dapat dikatakan sebagai cerminan karakter dari pemilik rumah. Setiap tamu yang berkunjung, pasti akan menempati ruangan tersebut terlebih dulu. Oleh karena itu, terkadang pemilik rumah ingin menonjolkan ruang tamu dengan menghiasnya secara berlebihan yang membuat ruangan justru menjadi tidak indah dan terkesan sempit.

Furnitur pada ruang tamu seharusnya lebih mengedepankan fungsi kenyamanan dan fungsional. Dengan melakukan penempatan yang benar, ruang tamu akan terlihat lebih luas dan nyaman.

Untuk ruang tamu dengan langit-langit ruang yang tinggi, lebih baik menggunakan furnitur yang mengedepankan dimensi vertikal. Sedangkan untuk ruang tamu yang berukuran kecil, hindari penggunaan furnitur besar karena dapat membuat ruangan terlihat sempit.

Desain Furnitur Minimalis untuk Ruang Tamu - source: www.homedizz.com
Desain Furnitur Minimalis untuk Ruang Tamu – source: www.homedizz.com

2. Kamar Tidur

Kamar tidur dapat dikatakan sebagai ruangan yang paling intim. Oleh karena itu, furnitur yang digunakan harus memprioritaskan kenyamanan pemilik ruangan. Penataan furnitur minimalis pada kamar tidur akan lebih maksimal jika mengutamakan fungsi penyimpanan, sebab akan memberi kesan modern, luas dan nyaman. Akan tetapi, untuk mendapatkan kamar tidur yang nyaman dengan furnitur yang berkualitas, biaya yang dikeluarkan tentu tidak sedikit.

Desain Furnitur Minimalis untuk Kamar Tidur - source: www.yliving.com
Desain Furnitur Minimalis untuk Kamar Tidur – source: www.yliving.com

Harga Furnitur Minimalis 

Biaya yang dikeluarkan untuk membeli furnitur minimalis tentu bervariasi. Tetapi, perlu diingat bahwa berusaha menghemat pengeluaran dengan membeli furnitur yang berkualitas rendah akan merugikan karena memiliki ketahanan yang berbeda dibandingkan dengan furnitur yang menggunakan bahan-bahan berkualitas baik. Tentunya furnitur berkualitas baik memiliki umur dan daya tahan lebih baik dibandingkan yang berkualitas rendah.

Jika Teman Narasi memiliki anggaran yang terbatas, sebaiknya diutamakan untuk lebih memprioritaskan fungsi furnitur dan kualitas bahan furnitur dibandingkan dengan penampilannya. Jangan sampai memaksakan membeli furnitur karena penampilan, padahal tidak terlalu dibutuhkan. 

Akan tetapi, bukan berarti memilih furnitur dengan penampilan yang unik dan menarik itu salah. Tentu saja penampilan furnitur juga penting karena dapat mencerminkan karakter penghuni rumah.

Furnitur yang memiliki harga tinggi tidak hanya memiliki keunggulan dalam kualitas bahan, tetapi juga desain yang mengandung keistimewaan tersendiri yang tentunya berbeda dengan nilai keistimewaan yang dimiliki oleh furnitur lainnya. 

Memilih Furnitur Minimalis untuk Setiap Ruangan

Dalam memilih furnitur minimalis, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan selain anggaran seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, yaitu:

1. Warna

Pemilihan warna furnitur harus disesuaikan dengan warna dinding dan lantai ruangan yang ingin di dekorasi. Warna yang digunakan tidak harus sama, tetapi lebih baik jika senada. Furnitur minimalis umumnya menggunakan warna yang lebih netral. Jadi, lebih baik tidak menggunakan furnitur dengan warna yang terlalu kontras dengan ruangan Anda.

2. Ukuran

Pemililihan ukuran furnitur tak kalah penting. Jangan hanya karena masih terdapat ruang kosong, Anda sengaja menggunakan berbagai furnitur berukuran besar. Hal ini justru akan membuat ruangan terlihat sempit. Ruangan yang kecil, tentu saja harus menghindari penggunaan furnitur yang besar. Selain akan membuat ruangan terlihat sempit, hal ini akan membatasi ruang untuk berkreasi karena akan membuat variasi pemilihan furnitur manjadi terbatas.

3. Bahan

Biasanya bahan furnitur minimalis yang paling diminati adalah kayu. Sebenarnya selain kayu, beberapa orang juga mengabungkannya dengan kaca dan aluminium. Teman Narasi dapat memilih bahan yang sekiranya cocok dengan kebutuhan, tetapi tentunya dengan mengutamakan kualitas yang baik.

Nah, apakah Teman Narasi sekarang sudah mengerti furnitur minimalis seperti apa yang ingin digunakan dan untuk ruangan seperti apa? Kalau masih bingung yuk hubungi tim Narasi Design untuk pertanyaan lebih lanjut!

Happy living! Teman Narasi!

Penulis: AQ
Editor: Brigita Diva
Source: dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top