skip to Main Content
Tips Mendesain Teras Rumah Dengan Tanaman Hias

Tips Mendesain Teras Rumah dengan Tanaman Hias

Sederhana, mudah, dan murah. Ketiga hal ini mungkin pas untuk mewakili ide-ide dekorasi teras dan halaman belakang rumah yang bisa Teman Narasi dapatkan dari bunga dan tanaman hias. Dekorasi kreatif dengan tanaman hias mulai dari topiary atau seni pangkas tanaman, desain taman vertikal, hingga tanaman hias gantung, akan membuat teras pada hunian Teman Narasi terlihat lebih hidup dan terawat. Berikut adalah tips sekaligus inspirasi desain teras rumah dengan tanaman hias yang bisa Teman Narasi coba!

1. Berkreasilah dengan rak dan kait sebagai tempat menaruh tanaman hias

Inspirasi rak kayu sebagai tempat menaruh tanaman hias - source: idealhome.co.uk
Inspirasi rak kayu sebagai tempat menaruh tanaman hias – source: idealhome.co.uk

Buatlah rak yang menempel di dinding sebagai tempat menaruh pot bunga atau tanaman hias. Pasangkan juga beberapa kait untuk menggantung bunga dan tanaman hias yang berukuran kecil. Cara ini sangat efektif bagi hunian yang tidak memiliki halaman depan rumah atau teras yang besar. Pastikan juga Teman Narasi dapat terus menikmati keindahan teras di malam hari dengan memasang string light sebagai pencahayaan eksterior yang tepat. 

2. Cobalah desain taman vertikal

Inspirasi desain taman vertikal - source: idealhome.co.uk
Inspirasi desain taman vertikal – source: idealhome.co.uk

Manfaatkan dinding teras yang kosong atau pagar rumah sebagai tempat menggantung tanaman hias yang berukuran kecil atau menanam tanaman hias merambat seperti Sirih Gading. Teras akan terlihat lebih bertekstur dengan adanya ide desain taman vertikal ini.

3. Membuat rumah kaca mini

Rumah kaca mini ikea - source: ikea.com
Rumah kaca mini ikea – source: ikea.com

Rumah kaca mini juga dapat Teman Narasi realisasikan di teras depan atau belakang belakang rumah. Gunakan kabinet kaca tinggi ala Ikea dan posisikan rumah kaca mini pada dinding teras atau halaman belakang yang memiliki akses sinar matahari yang cukup.

4. Memanfaatkan pot

Teras rumah yang memanfaatkan berbagai ukuran dan model pot sebagai dekorasi - source: idealhome.co.uk
Teras rumah yang memanfaatkan berbagai ukuran dan model pot sebagai dekorasi – source: idealhome.co.uk

Untuk membuat teras terlihat lebih hidup, Teman Narasi tidak harus selalu membuat taman yang rimbun dan penuh dengan hamparan bunga. Teman Narasi dapat memanfaatkan kerikil kecil yang disusun pada tanah dan menyusun berbagai tanaman hias dalam pot, mulai dari tanaman berbunga kecil hingga pohon yang berukuran lebih tinggi dan lebat. Mencari bentuk pot yang artistik dan tidak biasa juga akan mempercantik tampilan teras.  

5. Cobalah seni topiary

Topiary atau seni pangkas tanaman - source: thegardencentral.com
Topiary atau seni pangkas tanaman – source: thegardencentral.com

Topiary atau seni pangkas tanaman cocok digunakan pada rumah yang minimalis dan hunian yang ingin menampilkan kesan yang formal. Seni topiary biasanya dapat ditemukan pada desain taman bergaya Jepang atau zen garden. Tanaman dan pohon yang dipangkas biasanya berukuran agak besar, sehingga ada baiknya hunian dengan teras yang berukuran mungil menghindari seni topiary karena rumah akan terlihat sesak.

Sudah siap untuk membuat teras atau halaman belakang rumah menjadi lebih asri dan cerah? Temukan pula 10 jenis tanaman hias yang cocok untuk hunianmu di sini! Selamat berkreasi dan happy living, Teman Narasi!

Penulis: Kezia Mariska
Editor: Renya Nuringtyas
Sumber:
bhg.com,
designrulz.com,
idealhome.co.uk,
lushome.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top