skip to Main Content
Tips Menggunakan Material Marble Di Ruangan Dengan Tepat

Tips Menggunakan Material Marble di Ruangan dengan Tepat

Lantai marble atau dinding marble akan terlihat memukau apabila digunakan pada suatu ruangan. Namun, ada hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan dan pemasangan marble di ruangan.

Marble sebagai material yang berasal dari alam merupakan salah satu material yang memiliki karakter menarik karena garis-garisnya yang tidak akan pernah sama satu sama lain. Warnanya pun tidak hanya terbatas pada warna putih, namun juga ada warna hitam dan cokelat. Meskipun begitu, marble warna putih paling banyak digunakan, terlebih untuk lantai karena lantai marble putih bisa memberikan kesan ruangan yang selalu bersih setiap saat. 

Kerap kali, marble digunakan tidak hanya sebagai material untuk lantai, tapi juga sebagai material dinding. Permukaan marble yang stabil dan memberikan sensasi dingin akan nyaman sekali digunakan untuk rumah di Indonesia yang merupakan negara beriklim tropis. Itu merupakan salah satu dari banyak kelebihan yang dimiliki oleh marble. Apabila Teman Narasi berencana untuk menggunakan lantai marble atau dinding marble, pastikan Teman Narasi baca dulu pembahasan mengenai marble berikut ini. 

Hal yang Perlu Dihindari dalam Memasang Marble di Ruangan

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, marble memiliki karakter spesial dengan garis-garisnya. Garis-garis sekalipun tidak akan bisa sama persis antara satu dengan lainnya, namun pasti ada lembaran motif garis yang sesuai. Kalau salah memilih dan memadu-padankan motif, maka permukaan lantai marble atau dinding marble akan kehilangan kecantikannya. 

Kemudian, walaupun marble memberikan kesan mahal, namun tidak berarti seluruh ruangan harus menggunakan marble mulai dari lantai, dinding, hingga furniturnya. Hal tersebut akan membuat ruangan terlihat berlebihan dan keindahan marble akan terkesan saling ‘berebut’ untuk terlihat menonjol sehingga ruangan malah akan tidak terlihat istimewa. 

Maka dari itu, sebaiknya tentukan apakah kita ingin memasang marble sebagai lantai atau dinding saja. Atau kita juga bisa memasang lantai marble dengan juga memasangnya di salah satu sisi dinding, kemudian meletakkan satu atau dua furnitur dengan perpaduan marble

Tips Memilih Lantai Marble yang Tepat untuk Ruangan

Lantai Marble pada Ruangan Rumah
Lantai Marble pada Ruangan Rumah

Pastinya, Teman Narasi harus meluangkan waktu cukup banyak untuk berburu marble yang tepat untuk dijadikan lantai sesuai keinginan. Pertama, buatlah daftar toko marble yang akan didatangi, lalu luangkan waktu untuk berkunjung langsung ke toko atau gudangnya. Di sana, akan ada banyak sekali lembaran-lembaran besar marble dari berbagai negara dengan karakter garis beragam serta warna yang bermacam-macam. Kedua, apabila memungkinkan, mintalah pihak toko untuk meletakkan lembaran-lembaran marble bersebelahan di lantai untuk melihat apakah potongan tersebut serasi dipadukan sebagai lantai ruangan. Ketiga, pastikan jumlah marble yang tersedia mencukupi untuk ukuran ruangan. Jika Teman Narasi memerlukan empat lembar marble, namun hanya tersedia tiga lembar di satu toko, sebaiknya tidak dipaksakan membeli tiga lembar tersebut karena bisa jadi satu lembar lain nantinya tidak sesuai.

Pemasangan Dinding Marble yang Sesuai dengan Ukuran Ruangan

Marble pada Dinding Ruangan
Marble pada Dinding Ruangan

Ingatlah bahwa warna marble tidak hanya putih. Ada marble dengan warna lain seperti hitam, abu-abu, dan juga cokelat. Bahkan kalau Teman Narasi rajin mencari di toko-toko, Teman Narasi akan menemukan marble dengan warna-warna lain yang mungkin tidak banyak stoknya, sehingga bisa dijadikan aksen pada dinding. 

Untuk dinding marble, sesuaikan ukuran ruangan dengan warna marble. Jika ruangan berukuran sangat luas, maka penggunaan marble berwarna gelap bisa diaplikasikan di seluruh sisi dinding. Tapi, apabila ruangan hanya berukuran sedang atau cenderung sempit, gunakan marble berwarna putih atau abu-abu muda untuk memberikan kesan ruangan yang lebih luas. Atau jika hanya ingin menggunakan marble sebagai salah satu titik penarik perhatian pada ruangan, maka Teman Narasi bisa memilih marble dengan warna atau motif unik untuk dipasang di salah satu sisi dinding secara menyeluruh, kemudian dinding lain dicat warna netral seperti putih atau cream.

Pemasangan marble memerlukan tukang yang sudah berpengalaman di bawah pengawasan desainer interior supaya tepat dari segi estetika ruang, dan tepat dari cara pemasangannya. Karenanya, setelah secara cermat memilih marble untuk dinding atau lantai, dan ketika masuk ke proses pemasangan marble, pastikan Teman Narasi menyerahkannya pada tangan yang tepat. Tidak ada salahnya meminta rekomendasi pada rekan yang sudah pernah memasang lantai marble atau dinding marble. Teman Narasi juga bisa menghubungi tim Narasi Desain yang akan siap membantu!

Penulis: Agatha Elma Febiyaska
Editor: Renya Nuringtyas
Sumber:
www.pamesa.com,
www.decoist.com,
www.caesar.it

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top