skip to Main Content
Tips & Trik Menata Ulang Ruang Keluarga

Tips & Trik Menata Ulang Ruang Keluarga

Setiap rumah pasti memiliki satu ruangan yang menjadi pusat dari semua kegiatan. Pusat kegiatan atau bagian inti dari sebuah rumah bisa berbeda-beda bagi setiap orang, namun ruang keluarga kerap dijadikan sebagai ruangan  utama, dimana penghuni rumah menghabiskan waktu paling banyak untuk melakukan berbagai kegiatan. Biasanya, ruang keluarga menjadi tempat bagi para penghuni untuk berkumpul dan menghabiskan waktu bersama. Dengan kebutuhan yang terus bertambah dan zaman yang terus berubah, terkadang muncul keinginan untuk mengganti suasana dan menata ulang ruang keluarga. Jika kita ingin “memberi wajah baru” pada ruang keluarga kita, apakah kita harus menata ulang ruang keluarga kita dari nol? Atau justru perubahan dan perubahan elemen yang sederhana will do the trick? Berikut beberapa tips menata ruang keluarga untuk Teman Narasi yang ingin me-refresh tampilan ruang keluarga!

Tips 1: Sesuaikan Dengan Kebutuhan dan Gaya Hidup

Pertama, coba pikirkan ulang kegiatan apa saja yang biasa Teman Narasi lakukan di ruang keluarga. Apakah hanya dijadikan sebagai tempat untuk menonton TV, atau ruang keluarga juga difungsikan sebagai ruang makan? Apakah Teman Narasi hanya menggunakan ruang keluarga sebagai tempat bersantai, atau justru malah sering digunakan sebagai tempat untuk bekerja dan belajar? Kebutuhan yang berbeda dan bertambah tentunya membutuhkan tata furnitur dan suasana yang juga berbeda. Sesuaikan penataan ruang keluarga dengan kegiatan sehari-hari Teman Narasi agar semua aktivitas yang Teman Narasi lakukan di ruangan ini dapat terwadahi dengan nyaman.

Tips 2: Mengubah Layout Furniture

Terkadang, melakukan sedikit perubahan posisi pada furnitur adalah hal yang kita butuhkan saat kita merasa jenuh dengan layout dan penempatan furnitur yang ada di ruang keluarga kita. Teman Narasi bisa mengatur ulang posisi furnitur atau menambah satu hingga dua kursi sofa dengan kursi kayu dan voila!, ruangan pun tampil dengan suasana baru. Teman Narasi juga perlu memperhatikan “pusat” dari ruang keluarga itu sendiri sebelum mengubah letak furnitur yang ada di dalamnya. Contoh, apabila TV adalah “pusat” dari ruang keluarga Teman Narasi, apakah TV tersebut sudah berada di tempat yang tepat? Apakah penambahan barang akan menghalangi TV? Dan begitu seterusnya.

Tips 3: Memperhatikan Flooring

Sama seperti poin sebelumnya, tips menata ruang keluarga yang satu ini mungkin juga merupakan sesuatu yang sederhana, namun memiliki efek signifikan bagi keseluruhan suasana ruang keluarga. Banyak variasi yang bisa dipilih untuk mengubah tampilan lantai ruang keluarga Teman Narasi, seperti mengganti/menempatkan karpet, mengubah material flooring, dan lain sebagainya. Warna, tekstur, dan ukuran dari karpet atau material flooring yang Teman Narasi pilih bisa menentukan suasana dari ruang keluarga Teman Narasi, loh!

Karpet pada Ruang Keluarga
Karpet pada Ruang Keluarga

Tips 4: Menambah Furniture dan Dekorasi

Ruang Keluarga dengan Dekorasi Tanaman
Ruang Keluarga dengan Dekorasi Tanaman

Mungkin, tips menata ruang keluarga yang satu ini merupakan tips yang cukup sering dipikirkan oleh Teman Narasi. Mengganti satu atau beberapa furnitur memang bisa memberikan efek instan pada keseluruhan tampilan ruang keluarga. Berbagai dekorasi ruangan seperti vas bunga, meja kopi, tanaman hidup, dan lain sebagainya juga bisa membangun suasana baru di ruang keluarga Teman Narasi. Namun ingat, jangan sampai memaksakan diri untuk membeli barang yang terlalu mahal atau membeli barang yang tidak dibutuhkan, ya!

Tips 5: Mengubah Warna dari Ruang Keluarga

Warna, khususnya warna cat dari sebuah ruangan di dalam rumah, bisa mempengaruhi mood dari suatu ruangan, termasuk ruang keluarga. Jika Teman Narasi lebih suka desain ruang keluarga minimalis, Teman Narasi bisa menggunakan cat dan furnitur yang serba putih untuk menampilkan kesan “bersih” dan sederhana. Lain halnya jika Teman Narasi lebih suka suasana yang calm, nyaman, dan homey, mungkin warna biru yang soft pada dinding dan warna coklat kayu pada furnitur akan lebih cocok dengan selera Teman Narasi.

Contoh Ruang Keluarga dengan Warna Putih - sumber : dokumentasi Narasi Design
Contoh Ruang Keluarga dengan Warna Putih – sumber : dokumentasi Narasi Design

Bagaimana, Teman Narasi? Mengubah tampilan ruang keluarga bukan hal yang sulit, bukan? Yang terpenting, Teman Narasi paham dengan keinginan dan tahu kebutuhan dari Teman Narasi sendiri agar ruang keluarga yang sudah direnovasi dapat memiliki wajah baru yang lebih fresh dan tetap nyaman bagi Teman Narasi.

Semoga tips menata ruang keluarga tadi bisa bermanfaat bagi Teman Naras Happy living dan selamat menata ulang ruang keluarga!

Penulis: Jasmine Sophia Priatna
Editor: Renya Nuringtyas
Source:

www.realhomes.com
www.thespruce.com
www.hgtv.com
www.decorilla.com


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top