skip to Main Content
Trik Padu Padan Material Kulit Untuk Interior Menawan

Trik Padu Padan Material Kulit untuk Interior Menawan

Sangatlah mungkin memiliki interior berbahan kulit tanpa terlihat berlebihan atau terkesan mengintimidasi. Bagaimana caranya?

Material kulit tidak hanya biasa digunakan sebagai bahan untuk membuat furniture, tapi juga bisa dijadikan sebagai aksen interior ruangan. Teman Narasi jangan buru-buru menyimpulkan ruangan akan terkesan penuh jika menggunakan material berbahan kulit, karena dengan padu padan yang tepat, interior berbahan kulit justru akan membuat ruangan tampak menawan, namun tetap nyaman. 

Tempat Pemasangan Kulit di Interior yang Tepat

Pemasangan Material Kulit di Dinding dengan Desain Unik
Pemasangan Material Kulit di Dinding dengan Desain Unik

Tempat yang paling sering dipilih untuk menjadi lokasi pemasangan material kulit adalah dinding. Trik yang dapat dilakukan agar interior berbahan kulit yang diaplikasikan pada dinding tidak terlihat berlebihan, adalah dengan memilih satu sisi dinding saja, dan berkreasilah dengan total di area tersebut. Dinding dengan material kulit bisa diaplikasikan pada kamar tidur atau ruang tamu. Teman Narasi bisa bermain pada desain yang unik dengan material kulit polos atau desain simpel dengan material kulit bermotif maupun berwarna mencolok. Dijamin, dinding dengan lapisan material kulit tersebut akan menjadi point of interest ruangan tersebut. 

Selain pada dinding, penggunaan bahan kulit pada partisi ruangan juga bisa menjadi inspirasi dalam pengaplikasian interior berbahan kulit. Untuk penggunaan material kulit pada partisi ruangan, Teman Narasi bisa memilih desain yang mencolok untuk ruangan berdesain minimalis, dan desain minimalis untuk ruangan yang sudah memiliki kesan ‘ramai.’

Selain itu, material kulit juga bisa digunakan pada lis pembatas sisi dinding atas dan bawah, yang sengaja didesain dengan menggunakan wallpaper berbeda atau memakai cat dengan warna yang tidak sama. Material kulit pada lis pembatas dinding akan terlihat lebih cantik apabila menggunakan material dengan motif yang menarik atau dengan diberi isian busa agar tampak lebih menonjol dari permukaan dinding. 

Padu Padan Interior Berbahan Kulit dengan Furnitur

Padu Padan Dinding Material Kulit dengan Furnitur Kayu
Padu Padan Dinding Material Kulit dengan Furnitur Kayu

Apabila salah satu sisi dinding ruangan telah menggunakan material kulit, dan Teman Narasi juga ingin meletakkan furnitur berbahan kulit di ruangan yang sama, maka sebaiknya pilih furnitur dengan warna yang senada dengan warna material kulit yang dipasang pada dinding. Misalnya, apabila dinding menggunakan material kulit berwarna cokelat muda, maka Teman Narasi dapat memilih sofa berbahan kulit warna cokelat tua. 

Lain halnya jika Teman Narasi tidak ingin menggunakan unsur kulit yang terlalu banyak. Untuk kondisi seperti ini, Teman Narasi bisa menggunakan furnitur dengan material besi atau kayu, dengan warna yang berkesan harmonis. 

Perawatan Interior Berbahan Kulit

Dinding Bermaterial Kulit Tidak Berhadapan Langsung dengan Jendela
Dinding Bermaterial Kulit Tidak Berhadapan Langsung dengan Jendela

Memiliki ruangan dengan material kulit tentu sebaiknya dibarengi dengan melakukan perawatan secara khusus agar material kulit tidak cepat mengelupas atau berjamur. Secara berkala, bersihkan interior berbahan kulit dengan menggunakan kain yang sudah dibasahi dengan pembersih khusus material berbahan kulit. Lalu, pastikan Teman Narasi segera mengeringkan permukaan kulit setelah dibersihkan dengan lap basah.

Tidak hanya itu, dinding atau partisi yang menggunakan material kulit sebaiknya tidak berhadapan dengan ‘jalan masuk’ sinar matahari langsung dari jendela atau pintu, karena paparan sinar matahari tersebut bisa menyebabkan material kulit menjadi lebih mudah kusam. 
Pemasangan kulit di interior bisa menjadi hal yang tricky jika Teman Narasi belum mengetahui hal-hal penting seperti dijabarkan di atas. Jadi, setelah mengetahui seluk beluk penggunaan material kulit, pemasangan kulit di interior pasti tidak akan menjadi masalah lagi untuk Teman Narasi. Sudah tahu mau mengaplikasikan material kulit di mana?

Penulis: Agatha Elma Febiyaska
Editor: Renya Nuringtyas
Sumber:
www.modernindenver.com,
www.homeanddecor.com.sg,
www.chuvieghana.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top