skip to Main Content
Tunable White Lighting, Inovasi Pencahayaan Pada Interior

Tunable White Lighting, Inovasi Pencahayaan pada Interior

Lighting atau pencahayaan adalah salah satu bagian dari industri konstruksi dan bangunan yang dapat dengan cepat beradaptasi dengan kemajuan teknologi. Kini, perlengkapan lampu menjadi lebih cerdas dengan adanya berbagai fitur, diantaranya sensor bawaan, fitur wireless, dan inovasi lainnya yang dapat memudahkan penggunanya dalam mengatur pemakaiannya. Tunable White Lighting merupakan salah satu contoh inovasi lighting yang dapat digunakan untuk melengkapi desain interior.

Tunable White Lighting & Tunable Full Color Lighting - source: techhive.com
Tunable White Lighting & Tunable Full Color Lighting – source: techhive.com

Teknologi Tunable White Lighting merupakan teknologi yang memungkinkan lampu untuk mengubah suhu warna di dalam ruangan agar sesuai dengan cahaya yang ada di sekitarnya. Transisi warna lampu yang lebih terang di pagi dan siang hari, serta cahaya lampu yang lebih hangat di malam hari mencerminkan keadaan alami manusia, sehingga dapat memanipulasi suasana hati seseorang. Teknologi ini, juga dikenal dengan istilah Correlated Color Temperature atau CCT. CCT mengacu pada suhu warna cahaya dan diukur dalam skala Kelvin (K). Peringkat suhu berkorelasi langsung dengan bagaimana lampu dengan cahaya putih akan terlihat. Teknologi Tunable White Lighting menawarkan suhu warna lampu warm white (2.700 K) dan cool white (5.000-6.500 K).

Penggunaan Tunable White Lighting di Kamar Tidur - source: flexfireleds.com
Penggunaan Tunable White Lighting di Ruang Tamu – source: flexfireleds.com

Teknologi pencahayaan ini juga termasuk ke dalam konsep smart lighting atau pencahayaan cerdas karena dapat dikontrol melalui aplikasi yang dengan mudah dapat diunduh menggunakan smartphone atau gadget. Fitur yang tersedia juga biasanya dapat dengan mudah dihubungkan secara otomatis ke berbagai aplikasi Asisten Suara. Sistem penghubung ini nantinya akan mengaktifkan perintah suara yang meningkatkan ekosistem rumah pintar milik Teman Narasi.

Penggunaan Tunable White Lighting di Kamar Tidur - source: flexfireleds.com
Penggunaan Tunable White Lighting di Dapur – source: flexfireleds.com

Pencahayaan dengan teknologi Tunable White Lighting dapat digunakan untuk berbagai tujuan. Pertama, warna lampu akan memberikan efek cooling dan warming yang berpengaruh pada efek psikologis seseorang. Misalnya, saat menggunakan cahaya berwarna cool white pada hari musim panas yang terik, penghuni akan merasa lebih nyaman dengan suasana yang sejuk. Warna lampu warm white yang diatur di dalam kamar tidur juga akan membantu teman Narasi untuk relaksasi dan menghilangkan gangguan tidur. Kedua, penggunaan lampu jenis ini juga akan bermanfaat saat Teman Narasi sedang merenovasi hunian dan mengubah konsep interior karena warna lampu yang dapat disesuaikan.

Penggunaan Tunable White Lighting di Kamar Tidur - source: flexfireleds.com
Penggunaan Tunable White Lighting di Kamar Tidur – source: flexfireleds.com

Selain dua hal di atas, Tunable White Lighting juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan manusia. Banyak dari kita yang telah mendengar teori tentang bagaimana ruangan yang lebih dingin baik di tempat kerja, sekolah, atau di rumah, dapat membantu kita untuk dapat lebih berkonsentrasi. Bekerja di bawah pencahayaan yang tepat juga dapat membantu Teman Narasi bekerja dengan lebih serius dan meningkatkan produktivitas. Tunable White Lighting yang dipasang di dalam ruang kelas dinilai dapat mengontrol perilaku siswa. Bahkan, beberapa studi menunjukkan bahwa warna dan intensitas cahaya yang dapat dimodifikasi dapat menenangkan, menyemangati, dan juga membantu para siswa untuk fokus dan lebih perhatian pada pelajaran.

Karyawan di lingkungan profesional seperti di kantor juga bisa mendapatkan manfaat dari pemasangan Tunable White Lighting. Lampu yang lebih terang akan membuat seseorang bekerja lebih baik pada jam-jam awal dan meningkatkan produktivitas kerja, sedangkan lampu yang lebih lembut akan bekerja dengan baik untuk menambah konsentrasi pada sore hingga malam hari ketika semua orang biasanya gelisah menunggu jam pulang. 

Selain itu, penataan lampu seperti ini juga dapat mendukung sistem sirkadian manusia. Baik intensitas maupun kandungan spektral cahaya, dapat digunakan untuk merangsang sekresi melatonin dan hormon lain yang dapat memengaruhi suasana hati, kewaspadaan, dan juga kesehatan seseorang. 

Selain tempat tinggal, ruang kelas, dan kantor, Tunable White Lighting juga cocok diaplikasikan di hotel, rumah sakit, restoran, dan toko ritel. Selain masuk dalam kategori smart lighting dan memiliki segudang manfaat, Tunable White Lighting juga dilirik banyak orang untuk alasan alasan dekoratif. Jika Teman Narasi ingin lebih ekstra, Tunable Lighting juga tersedia dalam warna yang lebih dinamis, yaitu full color.

Untuk artikel lainnya seputar lighting, Teman Narasi dapat mengaksesnya di sini: penataan lampu, tipe-tipe pencahayaan, ragam warna lampu dan ragam jenis lampu

Jangan lupa untuk #dirumahaja dan tetap jaga kesehatan!

Penulis: Kezia Mariska
Editor: Renya Nuringtyas
Sumber:
buildings.com,
energy.gov,
flexfireleds.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top