skip to Main Content
Yuk, Kenalan Lebih Jauh Dengan Furnitur Decorative Laminate

Yuk, Kenalan Lebih Jauh dengan Furnitur Decorative Laminate

Istilah furnitur decorative laminate mungkin terdengar asing di telinga. Namun begitu Teman Narasi membaca penjelasan berikut ini, Teman Narasi pasti akan langsung tahu mengenai jenis furnitur yang sangat sering muncul di kehidupan sehari-hari ini.

Furnitur berkualitas biasanya memiliki bahan dan material yang seluruhnya terbuat dari jenis kayu tertentu, seperti kayu jati, oak, atau mahoni. Tapi, furnitur dengan bahan kayu full seperti itu hampir dapat dipastikan dibanderol dengan harga yang cukup tinggi. Nah furnitur decorative laminate hadir sebagai alternatif dari furnitur yang berkualitas, namun tetap mudah dikreasikan dan terkesan mahal. 

Sebenarnya, Apa Itu Furnitur Decorative Laminate?

Contoh lembaran decorative laminate wood texture
Contoh Lembaran Decorative Laminate Wood Texture

Laminate atau laminasi merupakan kayu yang terbuat dari lembaran tipis substrat dan perekat. Sementara, decorative laminate atau laminasi dekoratif adalah kertas cetak digital yang biasa digunakan untuk melapisi dinding, lantai, serta furnitur. 

Karena decorative laminate dicetak secara digital, maka desain dan warnanya pun bisa sangat beragam. Tidak hanya itu, tekstur permukaannya pun tersedia dalam bermacam-macam pilihan. Pernah melihat dinding yang seperti diberi pelapis kayu, kemudian setelah didekati ternyata bukan kayu asli? Itulah salah satu contoh decorative laminate. Teman Narasi bisa menciptakan permukaan dinding, lantai, atau furnitur dengan motif serta tekstur yang diinginkan tanpa perlu menggunakan material sesungguhnya. Selain menghemat biaya, penggunaan decorative laminate pada furnitur juga bisa memberikan kesan elegan dan stylish. Keuntungan lain menggunakan decorative laminate adalah Teman Narasi dapat dengan mudah mengganti desain furnitur apabila sudah bosan dengan cara mengganti decorative laminate yang lama dengan yang baru, sehingga Teman Narasi tidak perlu membeli furnitur baru untuk memiliki tampilan ruangan yang berbeda. 

Furnitur Decorative Laminate yang Banyak Digunakan

Ruang tamu yang menggunakan meja dengan decorative laminate
Ruang Tamu yang Menggunakan Meja dengan Decorative Laminate

Meja decorative laminate akan banyak ditemukan karena meja memiliki desain yang simpel dan permukaan yang rata, sehingga mudah untuk proses pengaplikasian decorative laminate. Furnitur yang bisa memakai decorative laminate adalah furnitur dengan material keras dan memiliki permukaan yang rata. Selain meja, ada juga partisi, lemari, kabinet, meja rias, dan pintu yang bisa dikreasikan dengan menggunakan decorative laminate

Cara Perawatan Furnitur Decorative Laminate

Membersihkan permukaan decorative lamimate
Membersihkan Permukaan Decorative Laminate

Memiliki furnitur berlapis decorative laminate tidak akan merepotkan karena perawatannya cukup mudah dan tidak terlalu rumit. Hanya perlu dibersihkan secara berkala menggunakan kain kering dan cairan pembersih noda apabila ada bagian dari furnitur yang terkena kotoran. Apabila furnitur decorative laminate sudah terlihat kusam, maka sudah saatnya mengganti decorative laminate atau melakukan pengecatan ulang menggunakan warna yang berbeda. Untuk kamar mandi dan dapur, pastikan Teman Narasi menggunakan cat melamin anti lembab. Untuk ruangan lainnya, Teman Narasi bisa menggunakan cat akrilik atau cat minyak. 

Tidak ada salahnya menggunakan furnitur decorative laminate di beberapa ruang untuk menghadirkan kesan elegan namun tetap praktis, mengingat perawatan decorative laminate yang tidak terlalu ribet. Bahkan rasanya sah-sah saja menggunakan furnitur decorative laminate di seluruh bagian rumah. Selamat berkreasi, Teman Narasi!

Penulis: Agatha Elma Febiyaska
Editor: Renya Nuringtyas
Sumber:
www.iso.org,
www.careerhack.co,
i.pinimg.com
miro.medium.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top