skip to Main Content
Yuk Simak 5 Fakta Menarik Tentang Desain Farm House!

Yuk Simak 5 Fakta Menarik Tentang Desain Farm House!

Desain interior farm house atau rumah dengan gaya farm house memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya menarik untuk diterapkan pada hunian, terutama karena lima fakta yang akan kita ulas berikut ini. 

Di Indonesia, rumah yang murni berdesain farm house bisa ditemukan di daerah dataran tinggi atau daerah yang sejuk. Beberapa rumah tersebut kerap digunakan untuk kebutuhan syuting film maupun sinetron, karena memang rumah dengan gaya farm house memiliki nilai estetika yang sangat tinggi. Sama halnya dengan konsep dan desain farm house asli yang berasal dari Amerika, rumah dengan gaya farm house umumnya dibangun di area ladang, sawah, atau peternakan. Memang, farm house merupakan rumah yang tepat untuk dibangun di area dengan nuansa alami yang masih kental. 

Meskipun demikian, seiring dengan berkembang zaman, gaya farm house atau desain interior farm house semakin banyak digunakan dan diaplikasikan di rumah-rumah modern yang ada di perkotaan dengan penyesuaian desain, yang dipadukan dengan gaya minimalis atau industrialis. Selain itu, ada pula rumah dengan konsep yang menggunakan furnitur ala desa untuk mendapatkan konsep gaya farm house yang lebih kental. Nah, berikut ini adalah 5 fakta menarik tentang gaya farm house. Tapi, hati-hati tertarik, ya!

1. Tercipta Sebagai Rumah Ladang

Awalnya desain farm house menunjukan rumah ladang - source: www.unsplash.com
Awalnya desain farm house menunjukan rumah ladang – source: www.unsplash.com

Rumah dengan gaya farm house dibangun dengan mengikuti desain rumah yang biasa dibangun di areal agrikultural. Farm house diciptakan untuk menjadi bagian dari dunia persawahan yang “keras,” sebagai tempat untuk melepas penat usai menggarap ladang. Selain itu, desain asli rumah gaya farm house juga tergolong kokoh, karena disesuaikan untuk mampu menghadapi berbagai kemungkinan kerusakan yang bisa terjadi di areal agrikultural. 

2. Memiliki Konsep Terbuka

Desain dengan gaya farm house memiliki konsep terbuka - source: www.unsplash.com
Desain dengan gaya farm house memiliki konsep terbuka – source: www.unsplash.com

Membuat desain interior farm house cukup menguji kreativitas karena rumah dengan gaya farm house dibuat dengan konsep terbuka, tipe bangunan satu lantai, dan tidak memiliki banyak sekat, sehingga rumah akan terlihat seperti satu ruangan besar dan luas. Salah satu ciri khas dari rumah gaya ini adalah keberadaan dapur terbuka. Namun, apabila kita tidak menerapkan desain interior dengan tepat, ruangan dapat terlihat terlalu kosong atau malah akan terkesan terlalu penuh karena penghuninya akan lebih mudah meletakkan barang di setiap bagian ruangan. Konsep terbuka rumah gaya farm house juga terlihat dari jumlah jendela yang cukup banyak dengan ukuran yang relatif besar. 

3. Menggambarkan Kesederhanaan

Dengan gaya pedesaannya, desain farm house menggambarkan kesederhanaan - source: www.unsplash.com
Dengan gaya pedesaannya, desain farm house menggambarkan kesederhanaan – source: www.unsplash.com

Serupa dengan gaya minimalis, gaya farm house juga mengusung konsep kesederhanaan. Mulai dari bentuk dasar bangunan yang tidak aneh-aneh, aksen yang tidak terlalu rumit di beberapa bagian rumah, sampai pemilihan warna netral atau monokrom untuk dinding, lantai, dan juga atap. Hal yang menjadi ciri khas rumah gaya farm house, yang sekaligus juga membedakannya dengan rumah gaya minimalis, terlihat dari penampakan bagian depan rumah. Rumah gaya farm house sangat khas dengan adanya teras ber-aksen tiang dan memiliki jendela-jendela besar dengandesain sederhana, minimal dua buah jendela di sisi depan rumah. 

4. Tempat Istirahat yang Sempurna

Desain farm house menggambarkan tempat istirahat yang sempurna - source: www.unsplash.com
Desain farm house menggambarkan tempat istirahat yang sempurna – source: www.unsplash.com

Sesuai dengan fungsi aslinya, banyak kalangan yang kini membangun farm house di lokasi yang tenang, yang menjadi lokasi berlibur seperti pegunungan atau daerah beriklim dingin atau sejuk. Hal tersebut sengaja dilakukan untuk menjadikan rumah tersebut sebagai tempat beristirahat dari kepenatan aktivitas kota. Desain interior farm house yang hangat menggunakan kayu serta bebatuan, yang disempurnakan dengan furnitur ala desa, sehingga menjadikan rumah dengan gaya farm house terasa sangat nyaman untuk bersantai dan beristirahat

5. Desainnya Mudah Dikombinasikan

Desain dengan gaya farm house cenderung mudah dikomunikasikan - source: www.onekindesign.com
Desain dengan gaya farm house cenderung mudah dikomunikasikan – source: www.onekindesign.com

Mengingat unsur minimalis yang kuat pada rumah dengan gaya farm house, maka tidak heran jika desain ini dapat mudah dipadukan dengan desain lainnya. Kebanyakan desain yang dipadukan dengan gaya farm house adalah desain industrialis, modern, dan juga klasik. Bahkan gaya farm house pada furnitur juga kini semakin menjadi favorit banyak kalangan karena memberikan kesan alami dan sederhana. Furnitur ala desa seperti ini kerap diaplikasikan pada rumah berdesain modern atau minimalis untuk memberikan sentuhan unik. 

Jika Teman Narasi sudah mulai tertarik untuk menerapkan desain bergaya farm house, atau bahkan mau membangun atau memiliki rumah bergaya farm house, pastikan Teman Narasi memilih material kayu atau batu yang tepat supaya hunian bisa berumur panjang, ya. Jangan lupa juga untuk menghubungi tim Narasi Design apabila kamu membutuhkan bantuan.

Penulis: Agatha Elma Febiyaska
Editor: Renya Nuringtyas
Sumber:
www.houseplans.net,
www.dezeen.com,
www.architecturaldigest.com

This Post Has 2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top